Pembayaran Tali Asih Pelebaran Jalan

IMG-20170508-WA0005Keseriusan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dalam membangun Infrastruktur daerah utamanya jalan pada saat ini terus dilakukan, contohnya pelebaran jalan di Kelurahan Gunung Tinggi yang merupakan akses menuju Kompleks Perkantoran Pemerintah Daerah di Jalan Dharma Praja, sekarang ini dalam proses pekerjaan dan ditargetkan selesai pada tahun 2017.

Sejalan dengan dikerjakannya pelebaran jalan tersebut tentu harus melalui beberapa tahapan diantaranya pembebasan lahan / tanah masyarakat untuk pelebaran jalan. Disini kita bisa mengambil kesimpulan bahwa tanah  selain Sebagai sumber kehidupan,tanah juga adalah sumber konflik, yaitu jika pemerintah membutuhkan tanah yang dimiliki masyarakat untuk keperluan pembangunan. Konflik itu bisa timbul karena Pemerintah di satu pihak memerlukan tanah itu dan di lain pihak masyarakat juga ingin mempertahankan tanah miliknya sebagi sumber mata pencaharian (lahan pertanian misalnya) dan tempat pemukiman.

Demikian pula proses yang terjadi pada pembebasan lahan dilokasi tersebut menemui berbagai konflik, akan tetapi semua dapat diselesaikan dengan cara musyawarah bersama aparat desa, yang bersangkutan dengan Instansi terkait. Oleh karenanya sampai saat ini sudah terealisasi sebagian besar pembayaran ganti rugi tanah / lahan masyarakat kepada pemiliknya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Alangkah lebih baiknya jika menjalankan dan menerapkan kebijakan dalam Pelepasan dan pencabutan hak atas tanah demi kepentingan umum haruslah lebih bijak dengan mempertimbangkan kesejahtreraan dan keadilan rakyat dengan menjungjung tinggi Hak Asasi Manusia (HAM), Harapan kita, semoga dalam kegiatan ini apa yang diinginkan berjalan dengan sesuai rencana. seperti itulah kalimat yang selalu diingatkan oleh Kepala Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan kepada seluruh Pejabat dan staf Bidang Pertanahan.

 

Trims…

                                                                                                                                                                By, admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *