Penentuan Awal Puasa Ramadhan 2017

Kedatangan bulan Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2017 ini diprediksi akan berlangsung bareng, seperti tahun 2016. Baik oleh kalangan yang berpegang pada hisab maupun (imkanur) rukyah. Awal puasa Ramadhan akan jatuh pada tanggal 27 Mei 2017, sementara Idul Fitri akan jatuh pada 25 Juni 2017.

Kesimpulan diatas “Berdasarkan hasil hisab PP Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadhan 1438 H jatuh pada Sabtu Pahing, 27 Mei 2017 M,” dan  ini dipastikan berbarengan; baik warga Muhammadiyah maupun Nahdlatul Ulama (NU) akan memulai puasa 27 Mei 2017. Lalu bagaimana dengan Lebarannya. hari ini adalah penentuan Hilal oleh Nahdatul Ulaman,

“Sidang itsbat awal Ramadan akan dilaksanakan pada Jumat, 26 Mei 2017M di Auditorium HM. Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jl. MH. Thamrin No. 6, Jakarta,” kata Plt. Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin seperti dikutip dari websiter Kemenag, Kamis (25/5/2017).

“Sidang isbat merupakan wujud kebersamaan Kementerian Agama selaku Pemerintah dengan Ormas Islam dan instansi terkait dalam mengambil keputusan, yang hasilnya diharapkan dapat dilaksanakan bersama,”

Kita semua mengharap semoga keputusan yang akan dikeluarkan malam ini seseuai dengan harapan kita bersama, agar seluruh ummat islam yang ada di negara ini bisa memulai puasa secara bersama dan merayakan hari kemenangan juga dengan kebersamaan. —-(Adm/dis3p)—

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *