Mediasi Tali Asih Tanah Untuk FASUM

241_n

 

DP3_batulicin,  Sengketa Tanah yang terjadi dalam rangka pelebaran jalan menuju kawasan perkantoran PEMDA di Gunung Tinggi saat ini masih menyisakan lahan yang belum bisa di proses pembayaran tali asihnya akibat adanya pengakuan kepemilikan atas tanah tersebut dan juga Sengketa yang masih dalam proses pengadilan , menyikapi permasalahan diatas melalui DisPekimtan sebagai perpanjangan tangan Pemerintah dalam hal penyelesaian sengketa dan pembayaran ganti rugi (tali asih) atas tanah telah beberapa kali mereka difasilitasi untuk mediasi antara kedua belah pihak dan masing-masing  membuka dokumen atau bukti kepemilikan lahan, namun belum ada titik terang.

Pertemuan  antara kedua belah pihak tersebut digagas untuk mencegah gesekan yang dapat merugikan kedua belah pihak. bahkan turut hadir Instansi yang terkait dalam urusan pertanahan baik dari Kelurahan, Kecamatan, BPN yang dilaksanakan di ruang rapat Sekda beberapa waktu lalu, namun salah satu pihak yang mengaku pemilik objek lahan itu menuntut agar masalah ini cepat selesai dan menerima uang tali asih.

menanggapi hal tersebut Kadis Disperkimtan angkat bicara, beliau menyatakan bahwa “Kami tidak akan memproses pengajuan pembayaran selama lahan ini masih dalam sengketa dan harus dilampiri dengan bukti kepemilikan yang sah serta hasil putusan pengadilan, Kami melakukan mediasi ini agar ada hasil dan yang lebih penting menjaga agar supaya tidak terjadi tindakan anarkis. Meskipun pertemuan kali ini belum ada penyelesaian.

 

adm,.. DP3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *