Meriahnya Pawai Malam Takbiran di Tanah Bumbu

WhatsApp Image 2018-06-21 at 20.39.44Rutinitas Acara tahunan yang ada ditanah bumbu selain Pesta Adat Mapparetasi banyak lagi yang lain, seperti tahun – tahun sebelumnya pada saat akan berakhirnya Bulan Ramadhan dan menyambut hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 H dimalam takbiran selalu diadakan Perlombaan Pawai Tanglong yang diikuti dari peserta umum dan SKPD se Kabupaten Tanah Bumbu untuk memeriahkan malam takbiran.

Pawai ini selalu diadakan pada dua lokasi yakni Pagatan dan Batulicin, untuk di pagatan dengan berjalan kaki mengelilingi kota dengan tanglong yang memakai gerobak. lain halnya dengan yang dibatulicin menggunakan mobil yang dibentuk sedemikian rupa menutupi badan mobil.

Tak ketinggalan Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan turut mengambil bagian dalam mengikuti acara ini, memang ditahun – tahun yang lalu Dinas ini merupakan langganan Juara akan tetapi belum pernah sekalipun mendapat predikat Juara I. untuk tahun ini konsep tanglong dibuat dengan motif baru akan tetapi tetap memperlihatkan model Mesjid dengan Kubah berjumlah sembilan sesuai dengan nama WALI SONGO.

Pekerjaan tanglong ini sudah dimulai sejak awal bulan puasa, bukan hanya tetesan keringat yang mewarnai pembuatan tanglong ini akan tetapi disertai dengan tetesan darah dari tangan Kru yang mengerjakan. dengan harapan tahun ini bisa mendapatkan predikat Juara I.

Ketika tiba saatnya pengumuman juara, harapan yang ada sirna seketika saat mendengarkan bahwa kami mendapat juara II pada tahun ini, akan tetapi keputusan panitia sudah tak bisa diganggu gugat lagi. bahkan memang tahun ini tanglong – tanglong yang ada semuanya bagus – bagus. kita akan menunggu kesempatan lagi di tahun berikutnya.

 

 

 

 

Admin,dis3p. 21/06/18

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *