Kunjungan Kerja Disperkim Pemkot Banjarmasin ke Tanah Bumbu

WhatsApp Image 2018-07-26 at 19.44.40Sengketa tanah dan lahan adalah polemik yang sangat tidak diinginkan bagi pemilik ataupun pemegang hak atas tanah maupun seorang ahli waris. Akan tetapi seiring dengan waktu tanpa kita tau dan sadar masalah seperti ini bisa muncul kapan saja. Oleh karenanya saat ini Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu gencar melaksanakan Sosialisasi agar supaya masyarakat secepatnya dapat membuat dan mengurus Surat yang menjadi Jaminan kepastian hukum dan perlindungan hukum hak atas tanah sendiri.

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, khususnya Dinas Perumahan, Permukiman Dan Pertanahan (DISPERKIMTAN) berupaya mengatasi permasalahan pertanahan di daerah Kabupaten Tanah Bumbu. Hal ini dilakukan oleh DISPERKIMTAN Tanah Bumbu dan berjalan dengan baik bahkan sudah berapa banyak pembebasan lahan yang tertangani.

Dengan hasil yang dicapai ini Pada hari kamis, 26 juli 2018 menerima kunjungan kerja dan study banding dalam membahas permasalahan pertanahan. oleh DISPERKIM Pemko Banjarmasin Pada hari kamis, Pada pertemuan yang dilakukan selama kurang lebih 2 jam ini membahas mengenai pembebasan lahan, sengketa tanah dan pembangunan jembatan yang menghubungkan antara daerah batulicin dengan daerah kota baru.

WhatsApp Image 2018-07-26 at 19.45.21Pertemuan mengenai study banding tersebut diawali dengan sambutan dari Kepala Dinas Bapak Mahriyadi Noor, S,Sos.MA mengatakan “proses pembebasan lahan akan lebih mudah dilakukan, apabila lahan hanyak dimiliki satu orang sehingga tidak ada pemicu untuk terjadinya konflik. Sedangkan dalam pembebasan mengenai sengketa tanah, perlu dilakukan mediasi terhadap pihak-pihak yang bersengketa.”

DISPERKIMTAN Tanah Bumbu dan DISPERKIM Pemko Banjarmasin menyimpulkan bahwa pelaksanaan pembebasan lahan dan penyelesaian sengketa harus sesuai dengan peraturan yang ada, cek lokasi klaim, dan melakukan berbagai proses untuk menetapkan sebuah keputusan sesuai data yang didapat sehingga menghasilkan sebuah kesepakatan untuk mengakhiri sengketa tanah yang terjadi di kabupaten tanah bumbu. Karena sengketa dan permasalahan tanah juga akan mempengaruhi Penataan Permukiman warga Nantinya.

 

 

 

AdminDP3,                                                                                                                                                                                                25/07/18

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *