BIMTEK Penanganan Kawasan Kumuh

Permukiman kumuh merupakan suatu masalah yang dihadapi oleh pemerintah dalam pengembangan dan pembangunan suatu wilayah. Banyaknya bangunan yang tidak memenuhi kriteria sebagai bangunan yang layak dan rapi akan sangat mengganggu dalam pembangunan kota atau daerah yang bersih, rapi dan nyaman, baik itu bangunan usaha milik pribadi ataupun kawasan permukiman dari penduduk yang dibangun dengan semaunya dan tidak menyesuaikan dengan ketetapan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu masih terdapat kawasan kumuh sebesar 239,65 Ha pada tahun 2016. Kawasan tersebut juga tidak mengalami perkembangan yang baik, dikarenakan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu tidak menindak lanjuti kawasan kumuh pada tahun 2017. Sehingga pada program kerja ditahun 2018, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu berupaya mengurangi angka luas kawasan kumuh di daerah Kabupaten Tanah Bumbu.

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melakukan survei ulang dibeberapa lokasi kawasan kumuh sebelumnya dan mengadakan acara bimbingan teknis mengenai penanganan kawasan kumuh perkotaan kabupaten tanah bumbu. Acara tersebut diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Tanah Bumbu di bagian bidang perencanaan infrakstruktur dan pengembangan wilayah, yang  dibantu oleh DISPERKIMTAN, DISPUPR , serta Dinas Sosial. Dimana  acara bimbingan teknis tersebut diadakan pada hari rabu, 25 Juli 2018 dan bertempatkan di kapet.

Acara bimbingan teknis ini di isi oleh konsultan dari provinsi dan juga mengundang Camat dan ketua RT yang kawasannya termasuk kawasan kumuh sebagai peserta acara. Hal ini dilakukan agar para tokoh masyarakat dapat menyampaikan kepada masyarakat dikawasan tersebut dan memahamkan tentang apa itu kawasan kumuh serta cara penanganannya, sehingga dapat membantu Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dalam mengatasi permukiman kawasan kumuh.

 

 

 

Admin,.30/07/18

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *