Tupoksi

 

 

  1. Tugas Pokok, Fungsi dan Uraian Tugas
  2. Tugas Pokok:

Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan mempunyai tugas membantu Bupati dalam melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang perumahan, permukiman dan pertanahan.

  1. Fungsi:
  2. perumusan kebijakan daerah dibidang perumahan, permukiman dan pertanahan;
  3. pelaksanaan kebijakan daerah dibidang perumahan, permukiman dan pertanahan;
  4. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan dibidang perumahan, permukiman dan pertanahan;
  5. pelaksanaan administrasi Dinas; dan
  6. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati terkait dengan tugas dan fungsinya.
  7. Uraian Tugas
  8. merumuskan kebijakan teknis dibidangperumahan, permukiman dan pertanahan sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Bupati berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  9. menetapkan kebijakan teknis dibidangperumahan, permukiman dan pertanahan;
  10. melaksanakan kebijakan, pembinaan, pengendalian, pengawasan dan pengaturan serta penyelenggaraan kegiatan dibidang perumahan;
  11. melaksanakan kebijakan, pembinaan, pengendalian, pengawasan dan pengaturan serta penyelenggaraan kegiatan dibidang kawasan permukiman;
  12. melaksanakan kebijakan, pembinaan, pengendalian, pengawasan dan pengaturan serta penyelenggaraan kegiatan dibidang pertanahan;
  13. melaksanakan koordinasi dengan instansi yang terkait;
  14. mengoordinasikan dan membina unit pelaksana teknis;
  15. mengendalikan pengelolaan kegiatan ketatausahaan;
  16. mengoordinasikan pelaksanaan kegiatan jabatan fungsional;
  17. mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugas; dan
  18. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai bidang tugas.

.

Lebih rinci tugas pokok dan uraian tugas Dinas Tata Bangunan dan Kebersihan tersebut dijabarkan kedalam tugas pokok dan fungsi unsur-unsur organisasi Dinas Tata Bangunan dan Kebersihan Kabupaten Tanah Bumbu, yaitu sebagai berukut:

  1. Sekretariat
    1. Tugas Pokok:

Sekretariat mempunyai tugas menyelenggarakan koordinasi pelaksanaan tugas, pembinaan dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unit organisasi.

 

  1. Fungsi:
  1. koordinasi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan;
  2. penyusunan rencana, program kerja dan anggaran;
  3. pembinaan dan pemberian dukungan administrasi yang meliputi ketatausahaan, kepegawaian, keuangan, kerumahtanggaan, perlengkapan, kerja sama, hubungan masyarakat dan kearsipan;
  4. pembinaan organisasi dan tata laksana dinas;
  5. koordinasi dan penyusunan peraturan perundang-undangan;
  6. penyelenggaraan pengelolaan barang milik negara;
  7. pengelolaan kegiatan pemantauan, evaluasi, dokumentasi dan pelaporan;
  8. pengumpulan, pengelolaan data dan teknologi informasi;
  9. koordinasi penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan;
  10. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugas
    1. Uraian tugas:
  11. melaksanakan koordinasi kegiatan dengan unit kerja dilingkungan Dinas;
  12. melaksanakan penyusunan rencana, program kerja dan anggaran Dinas;
  13. menyelenggarakan pelaksanaan urusan tata laksana keuangan;
  14. melaksanakan urusan perbendaharaan dan gaji;
  15. melaksanakan urusan verifikasi dan akuntansi keuangan;
  16. melakukan penyusunan laporan keuangan;
  17. menyiapkan bahan dan pelaksanaan urusan kepegawaian;
  18. menyiapkan bahan pembinaan pegawai;
  19. menyiapkan bahan dan pelaksanaan urusan ketatausahaan dan kearsipan;
  20. menyiapkan bahan dan pelaksanaan urusan rumahtangga dan perlengkapan;

menyiapkan bahan dan pelaksanaan urusan kerja sama dan kehumasan;

  1. melaksanakan pengelolaan dan inventarisasi barang milik negara;
  2. melaksanakan layanan pengadaan Dinas;
    1. melaksanakan pembinaan organisasi dan tata laksana Dinas;
    2. melaksanakan koordinasi dan penyusunan peraturan perundang-undangan;
    3. menghimpun dan menyiapkan bahan penyusunan laporan;
    4. menyelenggarakan pengelolaan kegiatan dokumentasi dan informasi;
    5. melaksanakan pengumpulan, pengelolaan data dan penyelenggaraan urusan teknologi informasi;
    6. menyiapkan bahan kooardinasi dengan instansi terkait;
    7. melaksanakan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;
    8. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan  sesuai bidang tugas;

 

Sekretariat terdiri dari:

  1. Sub bagian umum dan kepegawaian
  • Tugas Pokok:

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas melaksanakan kegiatan pengelolaan urusan ketatausahaan, persuratan, kearsipan, rumahtangga, perlengkapan, kepegawaian, organisasi, penyusunan peraturan perundang-undangan, kehumasan dan pengelolaan barang milik negara..

  • Uraian tugas:
  1. menyiapkan bahan dan melaksanakan urusan tata usaha;
  2. menyiapkan bahan dan melaksanakan urusan rumah tangga;
  3. Menyiapkan bahan dan menyusun Rencana Kebutuhan Barang Unit dan Rencana Tahunan Barang Unit (RKBU dan RTBU);
  4. melaksanakan layanan pengadaan Dinas;
  5. melaksanakan penataan administrasi pendistribusian sarana alat kantor dan keperluan alat kantor terhadap unsur-unsur unit organisasi;
  6. menyiapkan bahan dan melaksanakan pengelolaan, inventarisasi, pemeliharaan, penghapusan serta penyusunan laporan barang milik negara;
  7. melaksanakan pengelolaan urusan keamanan dan kebersihan lingkungan kantor;
  8. menyiapkan bahan dan melaksanakan urusan tata persuratan dan kerasipan;
  9. melakukan penyimpanan, pemilahan, pemindahan dan penjadualan retensi serta pemusnahan arsip;
  10. melaksanakan pelayanan administrasi perjalanan dinas, akomodasi tamu, kehumasan dan keprotokolan serta kerjasama;
  11. menyiapkan bahan pembinaan pegawai, meliputi pembinaan disiplin, pengawasan melekat, kesejahteraan, pemberian tanda jasa/ penghargaan dan kedudukan hukum pegawai;
  12. melaksanakan penataan administrasi kepegawaian yang meliputi bazzeting, formasi, DUK, data pegawai, pengarsipan berkas pegawai dan rekapitulasi absensi pegawai;
  13. menghimpun bahan usulan mutasi kepegawaian, meliputi pengusulan, kepangkatan dalam jabatan, kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, pemindahan, pemberhentian dan pensiun;
  14. menyiapkan bahan pembinaan organisasi dan tata laksana Dinas;
  15. menyiapkan bahan koordinasi dan penyusunan peraturan perundang-undangan;
  16. melaksanakan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas; dan
  17. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugas

 

  1. Sub bagian Sub bagian Perencanaan, Keuangan dan Pelaporan
  • Tugas Pokok:

Sub Bagian Perencanaan, Keuangan dan Pelaporan mempunyai tugas melaksanakan penyusunan rencana, program kerja, anggaran, pengelolaan keuangan, pengelolaan data dan informasi publik serta pelaporan kegiatan Dinas.

  • Uraian tugas:
    1. menghimpun, menyiapkan bahan dan menyusun program dan rencana kerja dinas;
    2. menghimpun, menyiapkan bahan dan menyusun rencana strategis;
    3. menyusun rencana anggaran bulanan/triwulan dinas;
    4. menghimpun, menyiapkan bahan dan menyusun rencana kegiatan dan anggaran (RKA) dan penyusunan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) dan anggaran belanja negara;
    5. menghimpun, menyiapkan bahan dan menyusun rencana anggaran tidak langsung dinas;
    6. menyiapkan bahan dan mengelola administrasi pembayaran belanja dinas;
    7. melakukan pengelolaan pembayaran gaji pegawai dan keperluan/kebutuhan kantor;
    8. menyiapkan bahan dan membuat pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran;
    9. melaksanakan pengumpulan dan pengelolaan data keuangan;
    10. menyiapkan dan menyusun laporan keuangan dan memelihara pengarsipan administrasi keuangan;
    11. melaksanakan pengelolaan data keuangan;
    12. melaksanakan penatausahaan penetapan pejabat perbendaharaan;
    13. menyusun rencana dan melaksanakan kegiatan pengumpulan, pengelolaan, analisa dan penyajian data;
    14. menyelenggarakan pemanfaatan teknologi informasi;
    15. menyelenggarakan dan mengelola pengamanan data dan informasi;
    16. melaksanakan pengelolaan dan pelayanan informasi publik;
    17. melaksanakan penyelenggaraan publikasi;
    18. melaksanakan pengelolaan dan penyebarluasan informasi;
    19. menghimpun dan menyiapkan bahan penyusunan laporan akuntabilitas dinas, laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah dan laporan-laporan kedinasan lainnya;
    20. menyiapkan bahan penyampaian Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dan Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKSN);
    21. menyiapkan bahan dalam rangka pemantauan pelaksanaan tata naskah dan tata kearsipan agar diperoleh surat menyurat dan kearsipan/dokumentasi yang benar, tertib dan rapi sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku;
    22. menghimpun dan menyiapkan bahan untuk mendokumentasikan hasil kegiatan administrasi keuangan, kepegawaian maupun kegiatan masing-masing bidang;
    23. menyiapkan bahan dalam rangka penyusunan laporan untuk disampaikan kepada satuan kerja yang membutuhkan laporan pengembangan kinerja Dinas;
    24. menyiapkan bahan koordinasi penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan;
    25. melaksanakan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas; dan
    26. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugas.

 

 

    1. Bidang Perumahan
  1. Tugas Pokok:

Bidang Perumahan mempunyai tugas melakukan penyiapan perumusan kebijakan teknis dan penyelenggaraan kegiatan di bidang perumahan.

  1. Fungsi:
  1. penyiapan perumusan kebijakan teknis bidang perumahan;
  2. pelaksanaan program, pembinaan dan penyelenggaraan kegiatan di bidang pembangunan perumahan;
  3. pelaksanaan program, pembinaan dan penyelenggaraan kegiatan di bidang pengendalian dan pengembangan perumahan;
  4. koordinasi penyelenggaraan kegiatan;
  5. evaluasi dan pelaporan;
  6. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan
    1. Uraian Tugas:
  7. menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis bidang perumahan;
  8. menyiapkan bahan pelaksanaan kebijakan teknis bidang perumahan;
  9. menyelenggarakan pendataan dan perencanaan penyediaan dan pengembangan sistem pembiayaan bidang perumahan;
  10. menyelenggarakan penyediaan dan pembiayaan bidang perumahan;
  11. mengoordinasikan dan menyelenggarakan kegiatan pelayanan umum;
  12. melaksanakan penyediaan dan rehabilitasi rumah bagi masyarakat korban bencana kabupaten maupun masyarakat yang terkena relokasi program pemerintah daerah;
  13. mengoordinasikanpelaksanaan pembinaan dan pengendalian pembangunan maupun pengembangan perumahan;
  14. melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait;
  15. melaksanakan evaluasi dan laporan pelaksanaan tugas;
  16. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya

.

Bidang Perumahan terdiri dari:

  1. Seksi Pembangunan
    1. Tugas Pokok:

menyiapkan bahan penyusunan program, petunjuk teknis dan pengoordinasian penyelenggaraan kegiatan di bidang pembangunan perumahan..

  1. Uraian tugas:
  1. melakukan penyiapan bahan penyusunan program pembangunan perumahan;
  1. menyiapkan bahan dan melaksanakan penyusunan petunjuk teknis kegiatan di bidang pembangunan perumahan;
  2. melaksanakan pendataan dan perencanaan penyediaan dan pengembangan sistem pembiayaan bidang rumah umum;
  3. menyiapkan bahan pelaksanaan penyediaan rumah umum, rumah khusus, rumah negara, dan rumah komersil serta pembiayaan rumah umum;
  4. melaksanakan kualifikasi dan klasifikasi untuk sertifikasi dan registrasi bagi perorangan/badan hukum perencanaan rumah dan PSU dibidang perumahan maupun permukiman;
  5. memproses dan menerbitkan sertipikat kepemilikan bangunan gedung (SKBG);
  6. menyiapkan bahan perencanaan, penataan, pengendalian, perizinan dan pengawasan mendirikan bangunan dan bangunan reklame;
  7. memberikan rekomendasi penerbitan izin mendirikan bangunan, bangunan reklame dan melakukan pengawasan bangunan tersebut;
  8. memfasilitasi penyediaan dan rehabilitasi rumah bagi masyarakat korban bencana kabupaten maupun masyarakat yang terkena relokasi program pemerintah daerah;
  9. menyiapkan bahan dan melaksanakan identifikasi, inventarisasi serta pendokumentasian kegiatan;
  10. melaksanakan penyiapan koordinasi dengan instansi terkait;
  11. melaksanakanpemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas; dan
  12. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugas.

 

  1. Seksi Pengendalian dan Pengembangan Perumahan
    1. Tugas Pokok:

menyiapkan bahan penyusunan program, petunjuk teknis dan pengoordinasian penyelenggaraan kegiatan di bidang pengendalian dan pengembangan perumahan

  1. Uraian Tugas:
  1. melakukan penyiapan bahan penyusunan program pengendalian dan pengembangan perumahan;
  2. melakukan penyiapan bahan penyusunan kebijakan pengendalian dan pengembangan perumahan;
  3. menyiapkan bahan dan melaksanakan penyusunan petunjuk dan kewenangan teknis kegiatan pengendalian dan pengembangan perumahan;
  4. melaksanakan pendataan dan perencanaan pemberdayaan, bantuan, dan pengembangan sistem pembiayaan bidang rumah swadaya;
  5. melaksanakan pemberdayaan, bantuan, dan pembiayaan rumah swadaya;
  6. memberikan rekomendasi penerbitan izin pembangunan dan pengembangan perumahan;
  7. melaksanakan pembinaan dan pengawasan pelaksanaan penerbitan izin yang sudah direkomendasi;
  8. menyiapkan bahan dan melaksanakan pengendalian dan pengawasan pengembangan pembangunan perumahan;
  9. melaksanakan perencanaan, pembangunan dan pengawasan prasarana, sarana dan utilitas umum (PSU) perumahan;
  10. melaksanakan penyiapan koordinasi dengan instansi terkait;
  11. melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas; dan
  12. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugas..

 

    1. Bidang Kawasan Permukiman
  1. Tugas Pokok:

penyiapan perumusan kebijakan teknis dan penyelenggaraan kegiatan di bidang kawasan permukiman.

  1. Fungsi:
  1. penyiapan perumusan kebijakan teknis bidang kawasan permukiman;
  2. pelaksanaan program, pembinaan dan penyelenggaraan kegiatan di bidang infrastruktur kawasan permukiman;
  3. pelaksanaan program, pembinaan dan penyelenggaraan kegiatan di bidang pengembangan kawasan permukiman;
  4. koordinasi penyelenggaraan kegiatan;
  5. evaluasi dan pelaporan;
  6. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan.
    1. Uraian Tugas:
  7. menyiapkan dan merumuskan bahan petunjuk teknis bidang kawasan permukiman;
  8. menyelenggarakan pendataan dan perencanaan kawasan permukiman;
  9. melaksanakan pencegahan dan peningkatan kualitas perumahan kumuh dan permukiman kumuh;
  10. melakukan pemanfaatan dan pengendalian kawasan permukiman;
  11. melakukan pendataan dan perencanaan kawasan permukiman;
  12. melakukan pengelolaan, penyelenggaraan, pembangunan pemeliharaan infrastruktur kawasan permukiman termasuk penerangan jalan umum dan pengembangan kawasan permukiman termasuk prasarana pemakaman dan pemeliharaan pertamanan;
  13. melakukan penertiban izin pembangunan dan pengembangan kawasan permukiman;
  14. melakukan penataan dan peningkatan kualitas kawasan permukiman kumuh dibawah 10 ha;
  15. menyelenggarakan psu kawasan permukiman;
  16. melakukan pencegahan kawasan permukiman kumuh pada daerah kabupaten/kota;
  17. melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait;
  18. melaksanakan evaluasi dan pelaporan; dan
  19. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugas.

 

Bidang Kawasan Permukimanterdiri dari:

  1. Seksi Infrastruktur Kawasan Permukiman

Tugas Pokok:

menyiapkan bahan penyusunan program, petunjuk teknis dan pengoordinasian penyelenggaraan kegiatan di bidang infrastruktur  kawasan permukiman.

Uraian Tugas:

  1. menyiapkan bahan penyusunan petunjuk teknis pelaksanaan kebijakan di bidang infrastruktur kawasan permukiman;
  2. pendataan dan perencanaan kawasan permukiman;
  3. pencegahan dan peningkatan kualitas perumahan kumuh dan permukiman kumuh;
  4. pemanfaatan dan pengendalian kawasan permukiman;
  5. melaksanakan pengelolaan, penyelenggaraan, pembangunan, pemeliharaan infrastruktur kawasan permukiman termasuk penerangan jalan Umum;
  6. melaksankan pengawasan pembangunan infrastruktur kawasan permukiman, termasuk penerangan jalan umum serta pendataan penetapan zonasi permukiman;
  7. menyiapkan bahan dan melaksanakan pengawasan kegiatan kegiatan pembangunan infrastruktur kawasan permukiman termasuk penerangan jalan umum;
  8. menyiapkan bahan koordinasi dengan instansi terkait;
  9. melaksanakan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas; dan
  10. melaksanankan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugas.

 

 

  1. Seksi Pengembangan Kawasan Permukiman
    1. Tugas Pokok:

menyiapkan bahan penyusunan program, petunjuk teknis dan pengoordinasian penyelenggaraan kegiatan di bidangpengembangan kawasan permukiman..

  1. Uraian Tugas:
  1. menyiapkan bahan penyusunan petunjuk teknis kegiatan di bidang pengembangan kawasan permukiman;
  2. melaksanakan pengelolaan, penyelenggaraan, pembangunan, pemeliharaan pengembangan kawasan permukiman termasuk sarana prasarana pemakaman dan pertamanan;
  3. melaksankan pengawasan pembangunan dan pengembangan kawasan permukiman termasuk sarana prasarana pemakaman dan pertamanan;
  4. menyiapkan bahan dan melaksanakan pengawasan kegiatan kegiatan pembangunan dan pengembangan kawasan permukiman termasuk prasaranan permakaman dan pertamanan;
  5. menyiapkan bahan koordinasi dengan instansi terkait;
  6. melaksanakan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas; dan
  7. melaksanankan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugas.

 

    1. Bidang Pertanahan

Tugas Pokok:

penyiapan perumusan kebijakan teknis dan penyelenggaraan kegiatan di bidang pertanahan.

.

Fungsi:

  1. penyiapan perumusan kebijakan teknis bidang pertanahan;
  2. pelaksanaan program, pembinaan dan penyelenggaraan kegiatan di bidang penyuluhan pertanahan dan penanganan masalah;
  3. pelaksanaan program, pembinaan dan penyelenggaraan kegiatan di bidang pengaturan penguasaan, penatagunaan dan pengurusan hak-hak atas tanah;
  4. koordinasi penyelenggaraan kegiatan;
  5. evaluasi dan pelaporan;
  6. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan

 

  1. Uraian Tugas:
  1. menyiapkan bahan penyusunan petunjuk teknis di bidang pertanahan;
  2. menyelenggarakan penyelesaian sengketa tanah garapan dalam kabupaten;
  3. menyelenggarakan penyelesaian masalah tanah kosong dalam daerah kabupaten;
  4. menyusun laporan penanganan dan penyelesaian konflik, sengketa dan perkara pertanahan;
  5. koordinasi pemberian izin lokasi;
  6. menyusun rencana pengadaan tanah untuk kepentingan pembangunan;

 

Bidang Pertanahan terdiri dari:

  1. SeksiPengurusan hak-hak atas tanah dan penyuluhan pertanahan
  1. Tugas Pokok:

menyiapkan bahan penyusunan program, petunjuk teknis dan pengoordinasian penyelenggaraan kegiatan penyuluhan pertanahan dan penanganan masalah.

  1. Uraian Tugas:
    1. menyiapkan bahan penyusunan petunjuk teknis pelaksanaan kebijakan dibidang penyuluhan pertanahan dan penanganan masalah;
    2. melakukan penyiapan bahan penyusunan kebijakan di bidang penyuluhan pertanahan dan penanganan masalah;
  2. menyiapkan bahan dan menyelenggarakan penyelesaian sengketa tanah garapan dalam kabupaten;
  3. menyiapkan bahan dan menyelenggarakan penyelesaian masalah tanah kosong dalam daerah kabupaten;
  4. menyiapkan bahan pelaporan penanganan dan penyelesaian konflik, sengketa dan perkara pertanahan;
  5. menyiapkan bahan penyuluhan dan publikasi kebijakan – kebijakan di bidang administrasi pertanahan;
  6. menyiapkan bahan pemberian bimbingan teknis dan supervisi di bidang adminsitrasi pertanahan;
  7. menyiapkan bahan pembinaan dan pengawasan pelaksanaan kebijakan administrasi pertanahan;
  8. menyiapkan bahan kejasama dengan instansi terkait;
  9. melaksanakan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas; dan
  10. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugas

 

 

  1. Seksi Pengaturan Penguasaan, Penatagunaan tanah dan Penanganan masalah
  • Tugas Pokok:

menyiapkan bahan penyusunan program, petunjuk teknis dan pengoordinasian penyelenggaraan kegiatan pengaturan penguasaan, penatagunaan dan pengurusan hak-hak atas tanah.

  • Uraian Tugas:
    1. melakukan penyiapan bahan penyusunan petunjuk teknis pelaksanaan kebijakan dibidang pengaturan penguasaan, penatagunaan dan pengurusan hak-hak atas tanah;
    2. menyiapkan bahan koordinasi pemberian izin lokasi;
  1. menyiapkan bahan rencana pengadaan tanah untuk kepentingan pembangunan;
  2. menyiapkan bahan penyelesaian ganti kerugian dan santunan tanah untuk pembangunan oleh pemerintah kabupaten;
  3. menyiapkan bahan penetapan subyek dan obyek redistribusi tanah serta ganti kerugian tanah kelebihan maksimum dan tanah absentee dalam daerah kabupaten;
  4. menyiapkan bahan penetapan tanah ulayat yang lokasinya dalam daerah kabupaten;
  5. menyiapkan bahan inventarisasi dan pemanfaatan tanah kosong dalam daerah kabupaten;
  6. menyiapkan bahan koordinasi penerbitan izin membuka tanah;
  7. menyiapkan bahan perencanaan penggunaan tanah yang hamparannya dalam daerah kabupaten;
  8. menyiapkan bahan pengelolaan hibah/sumbangan tanah untuk pembangunan;
  9. menyiapkan bahan pemantuan dan evaluasi perubahan penggunaan dan pemanfaatan tanah pada setiap fungsi kawasan/zoning;
  10. menyiapkan bahan untuk inventarisasi terhadap tanah pemerintah kabupaten;
  11. menyiapkan bahan pengusulan proses sertifikasi tanah pemerintah kabupaten;
  12. meyiapkan bahan pengelolaan administrasi tanah – tanah yang dikuasi dan / atau milik pemerintah kabupaten, tukar – menukar dan penaksiran tanah;
  13. menyiapkan bahan koordinasi;
  14. melaksanakan evalusi dan pelaporan kegiatan; dan
  15. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugas.